1

Tips Memilih Pinjaman Modal Usaha yang Tepat

Modal uang menjadi salah satu faktor utama yang harus disiapkan seseorang saat hendak memulai usaha baru. Sayangnya, hal tersebut jugalah yang kerap menjadi penghambat karena tidak semua orang memiliki budget yang cukup. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mengajukan pinjaman modal usaha kecil. Pinjaman online tanpa jaminan adalah salah satu jenisnya. Apakah bisnis Anda cocok dengan pinjaman tersebut, tunggu dulu!

Beragam produk pinjaman yang ditujukan bagi para pebisnis tentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Sebelum Anda mendatangi institusi finansial untuk mengajukan pinjaman online tanpa agunan, sebaiknya pertimbangkan tips memilih pinjaman yang didasarkan pada beberapa hal berikut ini.

Demi kembangkan usaha, jangan ragu berutang. Kenali tujuannya, bijaklah berutang!

Jangka Waktu

Produk pinjaman umumnya dibedakan berdasarkan jangka waktu. Ada pinjaman jangka pendek yang diberikan kepada usaha dengan jangka waktu kurang dari setahun, pinjaman jangka menengah yang diberikan dengan jangka waktu 1-3 tahun, dan pinjaman jangka panjang yang periode pengembaliannya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun. Bila Anda memiliki kebutuhan pinjaman yang cenderung tidak terlalu tinggi, sebaiknya Anda mendaftar untuk pinjaman jangka pendek agar masa pengembaliannya pun lebih cepat.

Kenali Pinjaman Modal Usaha dari Segi Penggunaan

Pinjaman juga dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu konsumtif dan komersil. Pinjaman bisnis yang Anda ajukan termasuk bersifat komersil, yakni pinjaman yang digunakan untuk membiayai suatu usaha. Pinjaman komersil masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah kredit mikro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah, dan kredit korporasi.

Di sisi lain, pinjaman konsumtif adalah pinjaman yang diberikan untuk membiayai pembelian yang bersifat konsumtif, seperti mobil atau keperluan pribadi. Sama seperti pinjaman komersil, pinjaman konsumtif juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni pinjaman kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan, dan kredit multiguna berjaminan.

Sebagai informasi, pinjaman online tanpa agunan juga tidak semuanya diperuntukkan untuk usaha. Pastikan produknya, kenali platformnya sebelum mengajukan pinjaman.

Lihat juga: “Bebas Was-Was dengan Dua Produk Andalan Modalku”

Keperluan Usaha

Usaha yang Anda dirikan pasti membutuhkan banyak keperluan, misalnya mesin, kantor, dan lain sebagainya. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengajukan pinjaman yang didasarkan pada keperluan usaha, yaitu:

  • Kredit modal kerja, yang digunakan agar modal kerja perusahaan bisa bertambah
  • Kredit investasi, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu kredit jangka panjang dan kredit jangka menengah. Penentuan keduanya tergantung dari pembelian barang-barang yang dikategorikan sebagai modal bagi usaha baru Anda.
  • Kredit pembiayaan proyek, yang digunakan untuk membiayai suatu proyek baru

Tahukah Anda? Jika Dimaksimalkan, dana kredit akan memajukan bisnis Anda secara signifikan. Penasaran? Klik di sini!

Penarikan dan Pelunasan

Berdasarkan sifat penarikannya, pinjaman dapat dibedakan menjadi kredit langsung dan kredit tidak langsung. Kredit langsung adalah kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada lembaga pemerintah atau semi pemerintah. Sementara itu, pinjaman bank dan pinjaman FinTech berdasarkan sifat pelunasan terbagi menjadi dua, yakni kredit yang dibayarkan sekaligus saat jatuh tempo dan kredit yang pelunasannya dilakukan dengan menerapkan sistem cicilan.

Tak perlu bingung pilih pinjaman yang tepat, Modalku punya ragam pilihan untuk bisnis Anda. Apa saja ya? Klik Kenali tujuannya, bijaklah berutang

Metode Pembiayaan

Selain itu, pinjaman juga dapat dikeluarkan berdasarkan metode pembiayaannya yang terbagi menjadi dua jenis. Pertama, ada kredit bilateral yang pembiayaannya hanya dilakukan oleh satu bank. Kredit ini biasanya digunakan untuk pemilik bisnis modal kecil atau UKM yang baru mulai mengembangkan bisnis. Ini karena metode pembiayaan kredit bilateral tetap sama hingga pelunasan nanti.

Siapa bilang bisnis modal kecil sulit berkembang? dengan pinjaman modal usaha, semua jadi mungkin!

Di sisi lain, ada kredit sindikasi, yaitu pinjaman atau kredit yang diberikan oleh dua atau lebih lembaga keuangan untuk membiayai suatu proyek atau kegiatan usaha. Pinjaman ini umumnya ditujukan untuk perusahaan besar atau proyek yang membutuhkan dana berjumlah besar. Jumlah yang dibayarkan pun bisa berubah-ubah tergantung kondisi keuangan perusahaan.


Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebagai tips memilih pinjaman. Kenali usaha Anda secara matang dan mendetail sebelum menjelaskannya pada pemberi pinjaman untuk mengajukan kredit. Apakah usaha Anda tergolong bisnis modal kecil atau menengah? Jangan lupa lakukan riset untuk mengetahui berbagai ketentuan yang ditetapkan setiap pemberi pinjaman. Semoga pengajuan pinjaman Anda dapat disetujui dan usaha Anda semakin berkembang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Comments 1

  1. Pingback: Bebas Waswas dengan Dua Produk Andalan Modalku – Modalku

Tinggalkan Balasan