Salah satu kendala dalam menjalankan atau menekuni bisnis yang sukses adalah kurangnya kemampuan marketing atau pemasaran. Tidak semua orang memiliki bakat menjelaskan produk atau jasa bisnis mereka. Ada orang yang walaupun memiliki keahlian berbisnis mengalami kesulitan saat memasarkan produk. Apalagi untuk usaha kecil, banyak pengusaha bisnis kecil yang kurang percaya diri untuk memasarkan produknya sendiri. Ini sungguh disayangkan karena potensi bisnis kecil tidak kalah dengan bisnis-bisnis yang lebih besar.

Ada lagi kesulitan yang dihadapi pengusaha kecil saat memasarkan produk, yaitu faktor finansial. Bisnis kecil pasti memiliki dana marketing yang terbatas, sehingga membayar iklan di internet, membuat website, atau sekedar menyebar brosur sulit dilakukan. Nah, bila Anda kesulitan mengerjakan pemasaran, simaklah beberapa kiat marketing mudah dan murah yang sangat cocok bagi usaha kecil.

Cari partner

Seperti dijelaskan di atas, tidak semua orang memiliki keahlian marketing. Daripada Anda susah-susah belajar ilmu marketing, Anda bisa menjadi partner. Partner marketing pun dapat Anda pilih dari keluarga, teman dekat, atau bahkan pasangan Anda sekarang, asalkan partner tersebut satu visi dengan Anda dan memiliki bakat di bidang marketing.

Ikut komunitas

Untuk mendapatkan pembeli secara organik, Anda bisa mengikuti komunitas. Tergantung bisnis yang Anda jalani, Anda tinggal mencari komunitas yang sejenis. Misalnya, bisnis Anda di bidang kuliner. Anda perlu mencari dan ikut komunitas kuliner, begitu seterusnya. Dengan mengikuti komunitas, Anda bisa memasarkan produk Anda di komunitas tersebut.

Ramah terhadap pelanggan

Pelanggan adalah raja. Pepatah tersebut bukan sekedar isapan jempol belaka. Pelanggan bisa menjadi alat marketing yang sangat ampuh. Pelanggan yang puas menguntungkan Anda dua kali: mereka dapat menjadi repeat customer yang setia dengan produk dan jasa Anda dan membelinya berkali-kali, atau mereka juga dapat menjadi alat word of mouth yang menceritakan keunggulan produk Anda kepada rekan mereka sehingga Anda memiliki pelanggan-pelanggan baru. Jadi perlakukan pelanggan Anda sebaik-baiknya. Bacalah dan pelajari cara untuk meningkatkan pelayanan dan customer service bisnis Anda.

Diskon

Hampir semua orang menyukai diskon. Jadi kiat marketing mudah keempat adalah dengan membuat promosi diskon. Contoh: inventori lama Anda dapat didiskon apabila ada barang baru dengan harga spesial. Diskon tak hanya berguna untuk menaikkan penjualan, tetapi juga untuk membuat beberapa orang baru tertarik menjadi pelanggan bisnis Anda dan membagi berita promosi tersebut. Di era digital ini, berita diskon mudah disebarkan user melalui media sosial.

Belajar menjadi marketer

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan adalah menjadikan diri Anda sendiri menjadi marketer. Ini tidak mudah, karena Anda harus banyak belajar dan melatih diri sampai dapat mempromosikan bisnis Anda secara terus-menerus, terutama ketika bertemu orang baru. Tetapi dengan metode ini, Anda menghemat biaya sekaligus mengembangkan kemampuan Anda. Kuncinya, Anda harus rajin dan konsisten.


Tentu saja marketing bukan satu-satunya elemen yang menyebabkan kesuksesan bisnis kecil. Kurangnya modal juga menjadi masalah besar bagi pengusaha bisnis kecil. Untuk itu, Modalku juga menawarkan pinjaman modal usaha yang khusus ditargetkan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Untuk mengenal pinjaman modal usaha kami, klik di sini.