Di keadaan ekonomi apapun, baik dalam kondisi baik maupun kurang mendukung, kita dituntut untuk cerdas secara finansial. Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah menghindari sifat boros. Namun, berbagai godaan untuk beli ini dan itu membuat kita terlena dan mengeluarkan uang untuk membeli barang yang bahkan sebenarnya tidak kita perlukan. Apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis rumahan, sifat boros bisa membawa bisnis Anda pada kerugian. Untuk itu, lakukan tips seperti di bawah ini.

Mencatat Semua Pengeluaran

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran Anda sekecil apa pun itu. Jika Anda lupa, maka begitu mengingatnya, Anda harus segera mencatatnya. Karena kalau tidak, maka hal ini akan menjadi kebiasaan buruk. Di akhir bulan ketika menyusun laporan keuangan, Anda akan kebingungan ke mana uang Anda dibelanjakan. Jika Anda sedang menjalankan bisnis UKM, tidak mencatat pengeluaran bisa membuat usaha Anda kalang kabut.

Tidak Membuang Struk Begitu Saja Setelah Belanja

Struk ini sangat penting. Ketika Anda menyusun laporan pengeluaran, struk bisa menjadi referensi dan membuat Anda mengingat kembali ke mana uang tersebut Anda belanjakan. Bagi Anda yang menjalankan usaha rumahan, keberadaan struk ini penting sehingga Anda bisa menghitung secara tepat laba atau rugi yang Anda peroleh dengan membandingkan pemasukan dan pengeluaran.

Berinvestasi

Cara lainnya untuk menghindarkan diri dari sifat boros adalah dengan berinvestasi. Alternatif investasi pun ada banyak. Dengan berinvestasi, secara tidak langsung Anda telah menyiapkan bekal finansial untuk diri Anda di masa mendatang. Sebelum melakukan investasi, pahami betul masing-masing risiko investasi dan jika perlu bertanyalah kepada teman atau rekan Anda yang sudah berpengalaman.

Jangan Berangkat Belanja Tanpa Target

Berangkat belanja tanpa target yang pasti hanya akan membuat Anda membeli ini dan itu tanpa perhitungan yang matang. Sebelum berangkat, buatlah catatan apa yang akan dibeli dan juga perkiraan harga. Dengan begitu, Anda tidak akan tergiur jika melihat barang lain yang sebenarnya tidak begitu Anda perlukan. Yang tak kalah penting, jangan membawa uang berlebih yang terlalu banyak. Sesuaikan jumlahnya dengan apa yang akan Anda beli.

Membiasakan Diri untuk Menyisihkan Uang

Siapapun yang menabung tidak akan pernah rugi. Ketika menjalankan bisnis online, sisihkan hasil keuntungan yang Anda peroleh setiap bulan. Jika di kemudian hari Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, Anda pun tak perlu bingung mencari modalnya.


Menghilangkan sifat boros memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Anda tidak mau, bukan, jika usaha sampingan Anda harus mengalami kerugian hanya karena Anda memiliki sifat yang boros?

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.