Sebuah penelitian menunjukkan bahwa generasi millennial adalah generasi yang memiliki sumber stres paling banyak bila dibandingkan dengan generasi lainnya. Salah satu sumber stres utama generasi millennial adalah kondisi finansial yang buruk. Gaya hidup serta harga kebutuhan yang kian hari semakin mahal memaksa kita untuk memutar otak untuk menyelamatkan kondisi finansial. Ingin terbebas dari perasaan tersebut? Berikut ini adalah beberapa tips keuangan untuk generasi millennial yang dapat diterapkan guna membangun kondisi finansial yang matang.

Belajarlah untuk menahan diri

Secara teori menahan diri untuk tidak membeli hal yang tidak penting terdengar mudah. Namun nyatanya, hal ini sulit dipraktikkan. Setiap orang pasti memiliki budget untuk kebutuhan sehari-hari. Ketika ingin melakukan pembelian besar, tentu Anda harus mengorbankan sesuatu untuk mengatasi masalah budget ini. Contoh sederhananya, ketika Anda ingin beli TV, Anda harus ‘puasa’ sementara ke bioskop. Dampak jangka panjangnya, Anda dapat menonton film sepuasnya di TV Anda. Di sinilah peran utama kontrol diri, yakni berkorban untuk sesuatu yang lebih baik.

Kendalikan emosi Anda

Siapa sangka, emosi ternyata berhubungan dengan kondisi keuangan seseorang. Emosi mempengaruhi keputusan seseorang ketika ingin membeli sesuatu. Akan lebih baik bila Anda mampu mengatur emosi Anda sebelum memutuskan untuk menghabiskan uang Anda. Pikirkan kembali apa kepentingan Anda, mulai dari dampak jangka pendek dan jangka panjangnya. Jangan hanya karena Anda ingin membeli sesuatu lantas jadi tolak ukur keputusan pembelian produk.

Lacak pengeluaran dan pemasukan Anda

Tentunya terjadi pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Untuk memantau ke mana aliran dana Anda, akan sangat dianjurkan apabila Anda mencatatnya secara detail. Dengan mencatat aliran dana ini, Anda akan memiliki kontrol lebih besar terhadap uang Anda. Selain itu Anda juga dapat mengatur perencanaan menabung atau setidaknya menyiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga.

Bukalah rekening tabungan

Saat ini juga bukalah rekening tabungan. Tidak peduli apakah Anda memiliki rencana untuk membeli sesuatu atau tidak, yang jelas harus ada uang untuk ditabung setiap bulannya. Tak perlu harus besar, yang penting adalah konsisten untuk menabung. Kebiasaan menabung akan membantu Anda memenuhi kebutuhan dana di masa depan sehingga kondisi finansial Anda tetap stabil selamanya.

Investasikan dana Anda untuk kesehatan

Satu-satunya investasi yang menguntungkan sepanjang usia adalah investasi kesehatan. Seperti yang Anda tahu, kesehatan mahal harganya. Tak peduli berapa banyak uang yang Anda punya saat ini, bila tubuh tidak sehat tentu rasanya tidak menyenangkan. Kesehatan yang selalu terjaga dengan baik akan membantu Anda untuk tetap merasa senang dan hidup bahagia untuk jangka waktu yang lama. Berinvestasi untuk kesehatan bisa dimulai dengan rutin menjalani fitness atau hal menyehatkan lain yang Anda sukai. Tujuannya satu, tubuh yang sehat dan hati yang senang.


Itulah beberapa tips finansial yang bisa Anda lakukan untuk menjamin kestabilan kondisi keuangan Anda. Bahagialah menjadi generasi millennial meskipun banyak sumber masalah yang mendera. Anda adalah masa depan Anda sendiri. Jadilah yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.