Banyak jalan menuju Roma. Banyak pula jalan yang bisa Anda tempuh untuk membuka usaha. Ya, tentunya Anda akan membutuhkan modal, tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Hapus mindset Anda bahwa sebuah usaha baru harus dimulai dengan modal uang berjumlah tinggi. Pasalnya, kini sudah ada cukup banyak usaha modal kecil yang bisa Anda coba tekuni. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di bawah ini.

Jasa Menjahit

Manusia dilahirkan dengan beragam postur tubuh. Terkadang, tidak semua ukuran pakaian yang tersedia di pasaran akan muat secara pas pada tubuh seseorang. Akhirnya, orang tersebut memutuskan untuk menjahitkan pakaian, terutama jika pakaian tersebut akan dikenakan pada acara khusus seperti pernikahan dan event kantor. Kebutuhan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa menjahit, apalagi jika Anda memiliki minat pada dunia fashion. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak. Anda hanya membutuhkan mesin jahit dan tempat yang nyaman untuk mengerjakan pesanan. Selain membuat pakaian baru, jasa menjahit juga kerap dibutuhkan untuk mengecilkan pakaian yang terlalu besar, memasang atribut tertentu pada pakaian, dan lainnya.

Kuliner

Usaha dalam bidang kuliner merupakan salah satu model bisnis yang tidak akan mengalami kemunduran selama cita rasa yang Anda berikan terjamin kelezatannya. Pasalnya, kuliner menjadi kebutuhan manusia yang tidak akan habisnya. Anda hanya butuh keahlian memasak yang mumpuni serta mampu menciptakan inovasi untuk menciptakan masakan jenis baru. Menariknya, usaha modal kecil dalam bidang kuliner sudah terbukti kesuksesannya, salah satunya pernah dilakukan oleh Ibu Rizky Elsany, yang berhasil memproduksi nugget ikan di bawah merk Rumah Nugget Nay hanya dengan modal tidak lebih dari satu juta rupiah. Memulai usahanya pada tahun 2009 dan rutin memasarkannya secara online, Ibu Rizky kini sudah memiliki banyak karyawan yang membantu produksi nugget ikannya. Produk kulinernya tersebut juga sudah mendapat sertifikasi halal dan izin pengedaran dari BPOM Bekasi.

Laundry

Coba perhatikan daerah sekeliling tempat tinggal Anda, pasti setidaknya ada satu jasa laundry yang dibuka di sana. Beberapa tahun terakhir ini, bidang usaha tersebut memang sedang melejit. Orang-orang mulai mempercayakan urusan cuci mencuci kepada pihak yang lebih ahli demi menghemat waktu. Terlebih, kini banyak kos mahasiswa dan pegawai kantoran yang bisa menjadi target pasar usaha laundry. Umumnya, modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry berkisar pada angka Rp 5-15 juta. Terhitung cukup terjangkau untuk membuka usaha, bukan? Pada masa awal, fokuslah untuk membangun layanan yang bisa diandalkan konsumen. Dengan begitu, keuntungan pasti akan datang dengan sendirinya.

Online Shop

Ini dia usaha modal kecil yang sedang populer selama beberapa waktu belakangan. Sudah tidak terhitung berapa banyak toko online yang bisa Anda temukan di media sosial, terutama Instagram. Menariknya, Anda bisa membuka toko online tanpa barang sendiri, yakni dengan menjadi reseller atau dropship. Jika menjadi reseller, Anda bisa membeli barang tertentu dalam jumlah banyak dari penjual lain untuk kemudian Anda jual kembali secara online. Sedangkan sistem dropship tidak mengharuskan Anda untuk membeli barang terlebih dulu. Anda cukup mempromosikan produk secara online, lalu ketika ada yang pesan, minta konsumen untuk mentransfer dana yang akan Anda belikan kepada penjual. Dengan kata lain, dropship bersifat sebagai perantara. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak, yakni sekitar Rp 100.000 saja.


Itulah beberapa usaha modal kecil yang bisa Anda coba jika tertarik untuk membuka bisnis sendiri namun memiliki budget terbatas. Apapun pilihan usaha Anda, usahakan untuk tidak fokus pada keuntungan dulu pada masa awal bisnis berjalan. Karena merupakan usaha baru, maksimalkan pelayanan dan kualitas produk untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen. Semoga beruntung!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.