Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis UKM, memiliki sebuah situs atau website menjadi hal yang paling penting guna melakukan pengenalan atau branding UKM dan juga menghasilkan penjualan. Dan jika bisnis Anda merupakan bisnis online atau e-commerce, keberadaan website juga dapat membantu Anda untuk membuktikan bahwa perusahaan Anda layak bersaing. Untuk itulah, jika Anda belum memiliki website, berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam membangun website usaha.

Buat Logical User Flow

Memiliki sebuah website dengan tampilan yang menarik memang penting, namun membuat website Anda mudah ditelusuri oleh para user adalah hal yang jauh lebih penting. Untuk itu sebelum Anda membangun website untuk usaha Anda, pastikan Anda sudah membuat  user flow dari website Anda. Memiliki user flow yang mudah kelak akan membantu user experience dan juga SEO (Search Engine Optimization). Kelak SEO tersebut yang akan membantu Google untuk menentukan ranking dari website Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengawalinya dengan cara membuat mapping website (Wireframing)  dan lalu tunjukkan pada teman Anda, apakah kira-kira sudah dapat dimengerti? Jika sudah, berarti User Flow dari website Anda sudah dapat diterima oleh orang.

1. Pastikan Website Anda Berisi Informasi Penting Bisnis Anda

Kesalahan yang umum dilakukan oleh seseorang ketika membuat website adalah mereka hanya membuat website sesuai dengan apa yang mereka inginkan, bukan yang mereka butuhkan. Pastikan website Anda telah memenuhi segala kebutuhan dari konsumen dan juga memiliki teks seminimal mungkin. Teks yang sedikit berguna untuk memudahkan para user Anda memahami apa yang sedang ingin Anda sampaikan. Jangan ragu untuk menuliskan informasi dalam website Anda dengan ringkas, padat dan juga jelas.

2. Lengkapi Website dengan Informasi Kontak

Informasi kontak adalah hal yang sangat krusial di dalam bisnis UKM Anda. Letakkan informasi kontak dan juga deskripsi bisnis UKM Anda di dalam website Anda, baik dalam bentuk alamat email, telepon ataupun lainnya. Anda juga dapat memasukkan beberapa akun sosial media bisnis Anda seperti Twitter, Facebook dan juga Instagram.

Memasukkan platform sosial media ini dilakukan bukan tanpa alasan, namun untuk membantu meningkatkan SEO Anda dan juga menarik beberapa pelanggan baru. Semua informasi kontak yang berada di website Anda harus dengan mudah di-copy atau diklik guna memudahkan pengunjung Anda untuk mengirim email, pesan singkat ataupun lainnya kepada Anda.

3. Mampu mendukung perangkat mobile

Akses website yang dilakukan melalui smartphone dan juga tablet sangat mempengaruhi kenaikan web traffic saat ini, sehingga Anda disarankan untuk membuat website Anda yang juga dapat diakses melalui aplikasi mobile atau terbaca di dalam perangkat mobile. Agar website Anda dapat diakses juga melalui laptop, tablet dan juga smartphone buatlah desain web yang responsif sehingga dapat memudahkan website Anda untuk menyesuaikan ukuran layar di setiap gadget yang berbeda.

4. Hosting yang Baik

Dalam pembuatan website, pemilihan hosting bukanlah sesuatu hal yang dapat diremehkan. Website bisnis UKM Anda membutuhkan hosting yang baik. Oleh karena itu, usahakan website Anda berada pada provider hosting yang kompeten serta dapat menangani segala kerusakan dalam waktu 24 jam setiap hari. Karena jika tidak, Anda mungkin saja mendapati website Anda berada pada kecepatan yang rendah saat dikunjungi, atau para pengguna mengalami kesulitan untuk mengakses website Anda dan akhirnya membuatnya berada pada ranking SEO yang rendah.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai untuk membangun sebuah website bisnis. Keberadaan internet sebagai media promosi tanpa batas ruang dan waktu menjadikan website usaha Anda  menjadi salah satu alat untuk memudahkan perkembangan bisnis UKM Anda.