Usaha kecil dan menengah (UKM) sering kali dihadapkan dengan masalah finansial, entah itu masalah modal atau bahkan teknis akuntansi itu sendiri. Hal ini tentu membawa masalah bagi mereka, khususnya dalam membangun dan menyejahterakan bisnis. Untungnya, saat ini sudah banyak muncul fintech yang membantu memberikan solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu sektor yang berdampak langsung terhadap masalah ini adalah sektor digital. Ternyata banyak solusi digital untuk UKM yang diberikan oleh fintech. Apa saja?

Fintech memberikan solusi permodalan digital

Institusi finansial memberikan peranan penting untuk membantu UKM berkembang lebih besar. Mereka menyediakan pinjaman sehingga UKM dapat memajukan industri mereka. Sayangnya, UKM sering kali terganjal persyaratan ketat ketika mengajukan pinjaman. Proses yang panjang dan melelahkan sering kali jadi hambatan bagi UKM dalam mengajukan pinjaman. Akibatnya, tak sedikit UKM yang menyerah dan akhirnya berusaha mencari bantuan modal dari sumber lain.
Fintech memberikan kemudahan bagi UKM dengan memberikan solusi permodalan digital. UKM tak perlu lagi menyiapkan berkas-berkas dan dokumen seperti ketika mengajukan pinjaman ke institusi finansial. Yang perlu mereka lakukan hanyalah mengisi sejumlah formulir di situs online yang mana dapat dilakukan hanya dalam waktu beberapa menit saja. Karena berbasis online, maka pengajuan permodalan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Fintech menyediakan layanan akunting berbasis cloud

Kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan oleh pengusaha UKM adalah mengabaikan pentingnya akuntansi dalam mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran di bisnis mereka. Hal ini tentu saja membuat kebocoran dana tidak terdeteksi dan akhirnya malah membuat bisnis mereka terpuruk. Sayangnya, tak banyak pengusaha yang mampu merekrut akuntan untuk menyelesaikan hal ini.
Beberapa perusahaan fintech menyediakan layanan akunting berbasis cloud. Layanan ini mampu membantu penggunanya, para pengusaha UKM, untuk melakukan invoicing, inventaris produk dan material, hingga penjadwalan pembayaran tagihan. Menariknya lagi, biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa layanan ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan merekrut karyawan baru. Hal ini sangat membantu UKM untuk menyelesaikan masalah akuntansi di perusahaan mereka.
Fintech membuka celah bagi pembayaran elektronik dan digital

Transaksi bisa lebih banyak terjadi apabila sistem pembayaran yang dilakukan lebih mudah dan sederhana. Banyak UKM yang ternyata sangat terbantu dengan keberadaan sistem pembayaran yang disediakan oleh fintech. Salah satunya adalah sistem pembayaran elektronik. Pelanggan hanya perlu melakukan 1-2 langkah untuk melakukan pembayaran secara online, tanpa perlu ke ATM atau mengambil uang. Keputusan transaksi pun jadi lebih cepat terjadi sehingga produk UKM dapat terjual dengan cepat.

Fintech terbukti mampu memberikan celah solusi digital untuk UKM agar senantiasa berkembang di era teknologi saat ini. Keberadaan fintech dianggap sangat membantu bagi keberlangsungan usaha, apa pun bidangnya. Diharapkan, di kemudian hari fintech akan berkembang lebih pesat dengan segala inovasinya sehingga UKM semakin terbantu dalam membangun usaha mereka.