Presentasi adalah kegiatan berbicara di hadapan banyak orang dengan maksud menyampaikan informasi. Tidak harus menggunakan slide yang ditampilkan di televisi atau screen, presentasi juga bisa dilakukan tanpa bantuan apa pun, yang terpenting adalah audience mengerti apa yang Anda sampaikan. Tidak semua orang bisa melakukan presentasi atau berbicara di depan orang banyak. Salah satu kendalanya adalah malu atau kurang percaya diri berbicara di depan publik dan tidak andal dalam membuat slide presentasi.

Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas 5 tips bagaimana Anda dapat lebih jago memberikan presentasi. Di sini, kita tidak hanya membahas cara presentasi yang lebih seru tetapi juga bagaimana membuat slide presentasi yang menarik dan tidak membosankan.

Pakai Baju Terbaik Anda

Hah? Apa hubungannya? Ketika Anda berada di atas panggung dan ditonton puluhan atau bahkan ratusan orang, tentu pakaian Anda harus sopan dan menarik. Pakaian di sini bukan hal yang sederhana, karena ketika Anda salah memakai pakaian atau penampilan, maka Anda akan kurang percaya diri. Sebenarnya inilah mengapa Anda harus memakai baju terbaik atau berpenampilan profesional. Karena penampilan yang baik akan membuat Anda lebih percaya diri. Bila Anda percaya diri, maka penyampaian konten presentasi Anda akan menjadi lebih kuat.

Jadi, sebelum melakukan presentasi, entah itu hanya di hadapan rekan kerja ataupun ratusan orang, persiapkan dulu pakaian terbaik Anda. Semakin bagus pakaian Anda, Anda tampil lebih percaya diri.

Tatap Muka Penonton

Berapapun audience atau orang yang melihat presentasi Anda, jangan lupa untuk melihat muka mereka. Cara ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan terlihat menguasai lapangan. Jika tatapan Anda terlihat tidak fokus dan ke mana-mana, audience akan merasa bahwa Anda kurang pengalaman atau tidak menguasai materi. Sedikit tips dari kita, coba tatap wajah orang yang Anda kenal atau rekan yang memiliki hubungan baik dengan Anda. Cara ini akan membuat Anda berpikiran tenang dan semakin percaya diri.

Berbicaralah Dengan Lantang Agar Penonton Fokus Ke Anda

Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah ketika Anda presentasi di atas panggung lalu Anda dapat melihat banyak orang yang tidak fokus pada presentasi Anda. Apabila ini terjadi, cobalah berbicara lebih lantang. Banyak orang-orang yang gagal menjadi pusat perhatian karena suaranya pelan. Jika Anda tidak percaya diri dengan volume suara Anda, jangan ragu untuk meminta mic kepada panitia.

Buat Slide Presentasi Tanpa Banyak Tulisan

Setelah Anda mempersiapkan diri untuk presentasi, sekarang saatnya untuk memperbaiki slide presentasi Anda. Kebanyakan orang kurang percaya diri soal berbicara di depan banyak orang karena merasa kurang jago membuat slide presentasi yang menarik. Padahal guna slide presentasi hanya satu, yaitu membantu penonton mengerti materi yang ingin Anda utarakan.

Presentasi di mana pembicara hanya membaca isi slide dengan monoton dan tanpa berhenti merupakan presentasi yang buruk. Karena itu jangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak tulisan. Usahakan para audience hanya melihat layar ketika Anda minta, bukan selalu melihat ke slide presentasi. Guna dari slide presentasi adalah membantu Anda menyampaikan materi, bukan untuk dibaca. Jadi gunakan tulisan seminimal mungkin.

Tampilkan Video

Pernah mengalami audience yang bosan di tengah-tengah presentasi? Jangan khawatir, itu sering terjadi. Salah satu solusi agar audience tidak bosan adalah dengan menampilkan video. Khususnya video-video lucu yang akan membuat penonton tertawa. Mereka akan merasa bahwa presentasi Anda menarik.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk lebih jago presentasi. Bagus tidaknya presentasi bukan berdasarkan bagus atau tidaknya slide presentasi, tetapi bagaimana audience mengerti tentang apa yang ingin Anda sampaikan.